Scroll untuk baca artikel
Tanaman

Alasan Mencangkok Lebih Disukai Daripada Menanam Biji

Avatar
×

Alasan Mencangkok Lebih Disukai Daripada Menanam Biji

Sebarkan artikel ini
Alasan Mencangkok Lebih Disukai Daripada Menanam Biji
Alasan Mencangkok Lebih Disukai Daripada Menanam Biji - Photo by Helger11

Salah satu cara yang paling umum untuk memperbanyak tanaman adalah dengan menanam biji, tetapi ada juga metode lain yang dapat digunakan seperti mencangkok. Okulasi adalah salah satu metode ini, dan memiliki banyak manfaat dibandingkan perbanyakan benih. Okulasi adalah proses penyambungan bagian tanaman yang satu dengan tanaman yang lain. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, tetapi jenis okulasi yang paling umum disebut “okulasi tunas”.

Mengapa mencangkok lebih disukai daripada menanam benih?

Okulasi adalah proses perbanyakan tanaman yang telah digunakan selama berabad-abad. Teknik ini melibatkan mengambil sepotong satu tanaman dan menempelkannya ke tanaman lain. Kedua tanaman kemudian akan menyatu bersama dan berbagi nutrisi, memungkinkan cangkok tumbuh menjadi tanaman baru.

Ada banyak manfaat okulasi daripada menanam biji. Salah satu manfaatnya adalah memungkinkan kontrol lebih besar atas produk akhir. Saat mencangkok, Anda dapat memilih genetika spesifik tanaman yang ingin Anda tanam, yang tidak mungkin dilakukan saat menanam biji.

Manfaat lain dari okulasi adalah dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman yang tidak dapat ditanam dari biji. Misalnya, banyak pohon buah-buahan dicangkokkan karena menghasilkan buah yang lebih baik bila diperbanyak dengan cara mencangkoknya. Cangkok juga memungkinkan perkembangbiakan pada tumbuhan lebih cepat daripada menanam biji, yang berarti Anda bisa mendapatkan produk akhir lebih cepat.

Proses pencangkokan

Dalam hal reproduksi pada tanaman, okulasi lebih disukai daripada menanam benih. Ini karena ketika Anda mencangkok, Anda pada dasarnya mengambil sepotong dari satu tanaman dan menempelkannya ke yang lain. Tanaman yang Anda tempel disebut batang bawah.

Baca Juga!  4 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan, Menarik!

Cangkok telah ada selama berabad-abad, dan pada awalnya dilakukan dengan tangan. Saat ini, ada mesin yang dapat melakukannya untuk Anda. Namun, prosesnya masih sama. Ini adalah proses rumit yang membutuhkan ketelitian dan perawatan.

Ada banyak manfaat okulasi daripada menanam biji. Untuk satu, itu lebih efisien. Anda dapat menghasilkan lebih banyak tanaman dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, tanaman cenderung identik satu sama lain karena berasal dari sumber yang sama.

Manfaat okulasi

Okulasi adalah proses menggabungkan dua tanaman sehingga mereka akan tumbuh bersama menjadi satu. Teknik ini sering digunakan pada pohon buah-buahan, tetapi bisa juga digunakan pada jenis tanaman lain. Okulasi memiliki banyak manfaat dibandingkan menanam benih, termasuk fakta bahwa itu menghasilkan tanaman yang lebih kuat dan lebih sehat.

Salah satunya manfaat terbesar dari okulasi adalah memungkinkan tumbuhan dapat tumbuh yang lebih seragam. Ketika Anda menanam benih, setiap benih akan tumbuh secara berbeda, dan beberapa bahkan mungkin tidak berkecambah sama sekali. Dengan okulasi, Anda dijamin bahwa setiap tanaman akan identik dengan yang lain. Ini karena mereka semua adalah klon dari tanaman induk yang sama.

Cangkok juga memungkinkan tumbuhan hasil tanam biji lebih cepat. Tumbuhan sudah ditanam dari biji membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mencapai kematangan, sedangkan tanaman cangkok biasanya akan siap menghasilkan buah dalam waktu satu atau dua tahun.

Mengapa benih tidak selalu menjadi pilihan terbaik

Berbicara tentang tanaman, kebanyakan orang berpikir bahwa cara terbaik untuk memperbanyaknya adalah dengan berbeda dengan menanam biji. Namun, ini tidak selalu terjadi. Okulasi adalah proses yang melibatkan menempelkan sepotong satu tanaman ke tanaman dengan cara yang memungkinkan untuk tumbuh seperti induknya. Metode ini sering lebih disukai daripada menanam biji karena menghasilkan tanaman yang lebih kuat dan lebih sehat.

Baca Juga!  Sifat Kekerasan Batang Kayu

Ada beberapa alasan mengapa okulasi lebih disukai daripada perbanyakan benih. Pertama, memungkinkan kontrol lebih besar atas karakteristik tanaman. Ketika Anda mencangkok tanaman, umumnya memiliki umur yang Anda dapat memilih karakteristik spesifik dari tanaman induk yang ingin Anda wariskan kepada keturunannya. Ini tidak mungkin dengan perbanyakan benih, karena setiap benih mengandung campuran gen acak dari kedua orang tua.

Keuntungan lain dari pencangkokan adalah menghasilkan hasil yang lebih cepat.

Kesimpulan

Ketika datang untuk memulai sebuah kebun baru, banyak orang default untuk menanam benih. Namun, mencangkok sebenarnya adalah pilihan yang jauh lebih baik yang menawarkan sejumlah manfaat. Inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan mencangkok daripada menanam benih saat berikutnya Anda memulai kebun baru.

Okulasi adalah proses menempelkan satu bagian tanaman ke tanaman lain. Ini dapat dilakukan dengan pohon buah-buahan, tanaman hias, dan bahkan beberapa sayuran. Penyambungan sering dilakukan untuk menghasilkan tanaman baru yang lebih baik dari aslinya. Misalnya, Anda dapat mencangkokkan dua pohon apel yang berbeda untuk membuat pohon baru yang menghasilkan apel dengan rasa yang unik.

Ada beberapa alasan mengapa okulasi lebih disukai daripada menanam benih. Pertama, ini jauh lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *