Scroll untuk baca artikel
Rupa

5 Contoh Campuran Homogen Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Avatar
×

5 Contoh Campuran Homogen Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebarkan artikel ini
Contoh Campuran Homogen
Contoh Campuran Homogen - Photo by Towfiqu barbhuiya

Campuran homogen adalah larutan yang zat terlarutnya larut sempurna dalam pelarutnya. Ada banyak contoh campuran homogen dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh umum termasuk air garam, air gula, dan alkohol. Campuran homogen biasanya mudah dibuat dan sering digunakan di laboratorium.

Apa itu campuran homogen?

Campuran homogen adalah campuran dua atau lebih zat yang komposisinya seragam. Dengan kata lain, semua sifat campuran adalah sama di mana pun Anda mengukurnya. Misalnya, udara adalah campuran homogen dari molekul nitrogen dan oksigen.

Karbon dioksida (CO2) memiliki sifat tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa pada tekanan atmosfer dan suhu kamar. Ini diklasifikasikan sebagai molekul “non-polar” karena atom penyusunnya berbagi distribusi elektron yang sama. Ini menciptakan struktur simetris yang memberikan CO2 bentuk linier.

5 contoh sehari-hari campuran homogen

Campuran homogen adalah campuran dari dua atau lebih zat di mana campuran memiliki penampilan dan komposisi yang sama di seluruh. Ada banyak contoh campuran homogen dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh umum adalah uap air. Ketika air dipanaskan, itu berubah menjadi uap, yang merupakan campuran homogen molekul air. Uap air dapat ditemukan di udara di sekitar kita, dan itu juga yang membentuk awan.

Contoh lain adalah air dan gula. Ketika kedua zat ini digabungkan, mereka membentuk sirup – cairan lengket dan manis yang seragam dalam penampilan dan komposisi. Sirup sering digunakan untuk pemanis makanan dan minuman.

Ini hanya beberapa contoh campuran homogen yang kita temui setiap hari. Dengan sedikit pengetahuan tentang kimia, kita dapat melihat bahwa dunia di sekitar kita penuh dengan campuran zat yang menakjubkan ini!

Baca Juga!  Manfaat Jus Buah Naga Campur Alpukat

Kesimpulan

Campuran homogen adalah campuran dua atau lebih zat yang komposisinya seragam. Contoh campuran homogen meliputi: udara, larutan asam, air panas, dan paduan emas.

Sebaliknya, campuran heterogen adalah campuran dua atau lebih zat yang komposisinya tidak seragam. Contoh umum campuran heterogen meliputi: pasir dan air, minyak dan cuka, dan sereal dengan susu.

Jadi apa masalahnya? Campuran itu penting karena ada di mana-mana! Faktanya, sebagian besar benda di alam adalah campuran. Dengan memahami cara kerja campuran, kita dapat lebih memahami dunia di sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *